Wednesday, September 6, 2017

Tutorial java bagian 7 : persiapan jython

  No comments
melanjutkan tutorial kita tentang java, ya, untuk para programmer, siapa yang masih asing dengan bahasa pemrograman legend satu ini. bahasa pemrograman yang masih merajai tingkat popularitas menurut PYPL, dan masih diikuti oleh python dan PHP.

selema kita belajar java, sampai bagian 6, pasti banyak yang masih bingung dengan cara kerja script java. ya script java memang sulit dan rumit, saya akui. tetapi, jika anda pernah belajar bagaimana mudah nya pemrograman python pasti kita akan berfikir, bagaimana cara membuat program setangguh java dan semudah python?

jika  dibandingkan, begini perbandingan antara script java dan python,
dari strukturnya pasti sudah sangan mencolok mata,

Java

public class HelloWorld
{
    public static void main (String[] args)
    {
        System.out.println("Hello, world!");
    }
}



python


print("Hello, world!") # Python version 3

dengan ini saya resmikan untuk menanamkan pyhton pada program java kita.
karena judulnya hanya memulai, disini saya hanya akan mempersiapkan alat dan bahan, serta bumbu bumbu yang diperlukan untuk membuat makanan yang bernama jython.

apa itu jython?
emh, apa ya, sebenarnya saya juga kurang tau, tetapi saya akan jelaskan menurut pengalaman saya probadi mengenai jython..

jython adalah Java dan python,
seperti,
I have java
I have python,
Uh, I have jython

yeah, just like that..

kita bisa membuat interface dengan java, dan melakukan proses dengan python.
kita tidak perlu kurung kurawal yang super mengganggu itu, cukup gunakan python anda.

apa yang anda butuhkan untuk memulai jython?
harus bisa dasar dasar java,
harus bisa dasar dasar pyhon,
dan saya akan tunjukan bagaimana cara main nya.. let's play...

download library jython DISINI, pada tutorial saya kali ini saya pakai jython versi 2.7 dan saya menggunakan yang standalone jar.
maksud standalone jar ini adalah file jar yang nanti bisa kita tambahkan pada library program java kita.

python IDE, atau text editor yang support java dan python. disini saya sarankan menggunakan NetBeans dan pilih yang all.

download dulu saja, pertemuan selanjutnya akan membahas embeding python pada java. OK
thank you in adance!!
don't forget to leave a comment!!

No comments :

Post a Comment